» » » » Apa Saja Fitur Rahasia Google Chrome

Apa Saja Fitur Rahasia Google Chrome - Browser Crome merupakan salah satu browser terkenal yang banyak digunakan saat ini. Meski terkenal tapi masih banyak yang belum begitu mengenal peramban ini seperti misalnya berbagai fitur yang ada di dalamnya. Pada kesempatan ini kita akan belajar komputer tentang berbagai Fitur Rahasia Google Chrome yang bisa kita manfaatkan.

Alasan kenapa kita harus mengetahui berbagai fitur ini adalah karena kebanyakan dari sobat semuanya menggunakan browser Google Chrome tapi belum bisa memaksimalkan berbagai fitur yang disediakan dalam Google Chrome tersebut. Mungkin fitur ini untuk sebagaian dari anda sudah banyak yang sudah pernah mencobanya sendiri. Nah bagi yang belum tahu banyak berikut berbagai Fitur Rahasia Google Chrome yang bermanfaat bagi kita.

1. Pin Tab
Fitur ini berfungsi untuk ‘menjaga’ tab sobat agar tidak tertutup, jika sobat tidak sengaja meng-klik close menu. Dengan begitu pekerjaan yang sedang kalian kerjakan pun aman dan terselamatkan. Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup klik kanan pada tab dan tab conversation akan terbuka. Pilih Pin Tab.

Fitur Rahasia Google Chrome

2. Paste and Go atau Paste and Search
Jika sobat copy sebuah URL pada browser lain dan ingin menggunakan Chrome untuk membuka URL tersebut, sobat bisa menggunakan fitur ini. Kalian tidak perlu melakukan paste (CTRL + V) lalu enter untuk menjalankan URL. Sobat cukup klik kanan dan pilih Paste and Go mala selain paste URL, Chrome juga langsung membawa kamu ke URL tersebut. 

Fitur Rahasia Google Chrome


3. Drag and Drop Downloads
Fitur ini adalah Fitur Rahasia Google Chrome yang ketiga. Tahukah kalian fungsi dari fitur ini? Fitur ini memungkinkan sobat untuk drag files yang telah didownload menggunakan Chrome ke desktop komputer kalian. Tidak hanya file yang telah terdownload, namun file apapun di komputer. Jadi sobat tidak perlu membuka “download location” atau merubah lokasi download itu tiap kali kalian ingin file terdownload di folder atau drive yang berbeda.

Fitur Rahasia Google Chrome

4. Resources Page
Silakan coba tekan CTRL + Shift + I di Chrome kalian. Itulah cara untuk memunculkan Resources. Fitur ini sangat berguna bagi sobat, khususnya webmaster. Dengan fitur ini kalian dapat mengetahui seberapa cepat situs yang kaian buka, load di browser. Seperti contoh pada gambar berikut ini, ada sejumlah opsi yang bisa sobat explore.

Fitur Rahasia Google Chrome

5. Task Manager
Fitur Rahasia Google Chrome selanjutnya adalah task manager ini. Salah satu keuntungan menggunakan Chrome adalah, tab yang diperlakukan secara terpisah. Jika pada suatu waktu salah satu tab mengalami masalah maka tab tersebut dapat di tutup dan tab lainnya tetap aman. Jadi dengan kata lain browser crash dapat terhindarkan. Pada tiap tab juga dilengkapi dengan built-in task manager untuk mengetahui berapa besar penggunaan memori dan CPU untuk membuka tiap tab. Untuk mengaksesnya dapat melalui Tools Task Manager atau dengan menekan Shift + ESC.
Fitur Rahasia Google Chrome

6. Address Bar (untuk menghitung cepat)
Tahukah kalian bahwa address bar dapat berubah fungsi menjadi sebuah kalkulator? Memang tidak semua hitungan matematika dapat dihitung dengan address bar ini. Namun untuk hitungan sederhana, sobat bisa memanfaatkan address bar Chrome agar lebih cepat.
Fitur Rahasia Google Chrome

7. Drag and Resize ‘Text Box’ di Webpage
Misalnya jika kalian menulis komen pada text box yang ada di suatu situs, seringkali sobat akan dihadapkan pada masalah scroll bar. Hal ini terjadi ketika tulisan sobat telah melampaui batas text box tersebut. Di Google Chrome, sobat tidak perlu menggeser scroll bar karena kalian dapat memperbesar text box dengan cara drag ujung kanan bawah pada text box. Tentunya fitur ini tidak ada di browser lain.
Fitur Rahasia Google Chrome

8. About:memory
Jika sobat mengetik ‘about:memory’ pada address bar Chrome, maka browser akan menampilkan detail pemakaian memori dari situs-situs yang sedang sobat buka.
Fitur Rahasia Google Chrome

9. Application Shortcuts
Sobat bisa menciptakan aplikasi sendiri dari berbagai situs melalui Tools Create application shortcuts. Fitur ini akan membantu kalian untuk menghemat waktu dan memudahkan untuk mengakses situs-situs yang sering sobat buka.
Fitur Rahasia Google Chrome

Sekarang kita bisa memanfaatkan peramban baru ini dengan lebih optimal dan maksimal lagi dengan mengetahui dan memehami berbagai Fitur Rahasia Google Chrome tersebut. Kalau sebelumnya kita tidak tahu berbagai fitur ini, sekarang kita bisa mulai memanfaatkannya saat browsing. 

About Cara Instal Program

Hi..! Cara Install Program adalah situs tentang berbagai panduan cara instal untuk software atau program komputer. Situs ini memberikan informasi tentang panduan install, review, tutorial dan berbagai panduan program komputer lainnya, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post