» » » » Merubah Ukuran Partisi Harddisk Windows 7

Ada kalanya kita perlu Merubah Ukuran Partisi Harddisk Windows 7 yang sudah ada pada sistem komputer kita. Hal tersebut termasuk di dalamnya menambah dan mengurangi ukuran harddisk sesuai dengan kebutuhan. Bisa saja saat pertama membeli komputer atau laptop sistem windows yang diberikan hanya terdiri dari satu partisi saja jadi harus dirubah. Tidak sulit untuk melakukan perubahan ini, yang perlu anda lakukan adalah mengikuti panduan yang akan dijelaskan.

Ingin menambah ukuran harddisk atau mengurangi? Sama saja caranya, tidak sulit jika anda mau mempelajari tutorial komputer yang akan dibahas kali ini. Dengan tutorial ini anda bisa menyesuaikan apakah ingin menambah kapasitas harddisk atau menguranginya sesuai kebutuhan.

Sebenarnya untuk apa kita harus susah-susah merubah kapasitas tersebut, apa untungnya? Ya, tentu ini sangat penting dan sangat dianjurkan dalam beberapa kondisi contohnya jika partisi yang ada pada perangkat anda hanya terdiri dari satu partisi yaitu sistem c saja. Dengan melakukan perubahan pada kapasitas atau ukuran partisi yang ada tentu kita akan dapat membuat partisi yang lebih dari satu. Tujuannya memang itu, yaitu untuk memisah atau menyediakan ruang penyimpanan yang lebih aman.

Jika anda tidak melakukan perubahan pada sistem dengan partisi tunggal maka resiko anda untuk kehilangan data menjadi lebih tinggi. Biasa anda bayangkan sendiri, suatu saat jika terjadi kerusakan sistem windows dan anda harus melakukan install sistem maka anda akan kesulitan karena harus memindahkan semua data ke penyimpanan yang lebih aman sehingga tidak hilang saat dilakukan format partisi.

Jika anda memiliki partisi lebih dari satu dan penyimpanan data yang terpisah dari sistem maka jika terjadi error dan perlu Install maka anda tidak perlu khawatir, data akan tetap aman tersimpan di drive tersebut meski sistem partisi c harus di format. Untuk itulah kita perlu belajar Merubah Ukuran Partisi Harddisk Windows 7 tersebut. Lalu bagaimana cara melakukannya?

Untuk memperbesar ukuran partisi hardisk di windows 7 maka anda harus punya free spaces. Jika di harddisk belum ada free space maka anda bisa membuatnya terlebih dahulu, untuk membuat free space harddisk anda bisa menghapus partisi lain atau memperkecil ukuran partisi lain agar ada free spaces. Cara memperbesar ukuran partisi hardisk di windows 7, bisa lakukan prosedur berikut:

1. Di kotak search ketik computer management kemudian enter


2. Kemudian pilih partisi yang akan di perbesar ukurannya, dalam contoh kita akan memperbesar ukuran partisi WIN7. Selanjutnya klik kanan pada partisi WIN7, pilih Extend Volume...

clip_image003

3. Pilih Next
clip_image004

4. Biarkan saja default jika ingin menggunakan semua free spaces (free space akan digabung dengan dengan partisi WIN7). Klik Next

clip_image005

5. Kemudian Klik Finish
clip_image006

6. Sekarang di harddisk ada 4 partisi, WIN7 sudah berubah ukurannya menjadi lebih besar dari ukuran semula

Dalam melakukan langkah tersebut anda perlu memperhatikan kondisi letak partisi yang akan dirubah. Contoh di atas tentu bisa saja berbeda dengan kondisi partisi yang ada pada perangkat yang anda miliki. Yang terpenting adalah lakukan prosedur dan pastikan partisi yang akan dirubah sudah benar.

Ingat, kesalahan melakukan perubahan tersebut bisa saja berakibat hilangnya data yang tersimpan, maka dari itu kita harus benar-benar yakin apa yang akan dilakukan. Tutorial Cara Merubah Ukuran Partisi Harddisk Windows 7 hanya sebagai bahan belajar, kesalahan dalam penerapan panduan ini menjadi tanggung jawab masing-masing. 

About Cara Instal Program

Hi..! Cara Install Program adalah situs tentang berbagai panduan cara instal untuk software atau program komputer. Situs ini memberikan informasi tentang panduan install, review, tutorial dan berbagai panduan program komputer lainnya, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post