» » » Tidak Bisa Install Program di Komputer

Tidak Bisa Install Program di Komputer - Pernahkah anda mengalami tidak bisa install program (software) yang ada di komputer atau laptop? Jika kita mengalami masalah windows tidak bisa di install program atau komputer tidak bisa di instal semua program maka kita sedang mendapatkan kerusakan yang lumayan pada perangkat yang kita gunakan. Kita akan membahas masalah ini lebih detail, yaitu mengenai cara mengatasi masalah tersebut. Secara urut, uraian ini akan membahas lengkap dari gejala kerusakan, penyebab sampai dengan cara mengatasi masalah komputer tidak bisa di instal program apapun.

Untuk dapat mengatasi masalah Tidak Bisa Install Program di Komputer ini maka kita akan melihat secara urut berbagai indikasi sampai kita mengalami masalah tersebut. Saat kita mengalami masalah ini ada beberapa indikasi atau gejala awal yang akan mengakibatkan masalah tersebut. Kerusakan yang kita alami ini memiliki beberapa gejala awal yaitu sebagai berikut:

1. Komputer sering error tiba-tiba
2. Program sering ngadat atau crash saat dijalankan
3. Terjadi blue screen of death

Sebelum mengalami masalah tidak bisa install software kita mengalami beberapa hal di atas. Yang pertama tanpa sebab perangkat kita sering error, bisa restart sendiri, hang dan sebagainya. Ini merupakan indikasi awal adanya masalah dalam perangkat yang kita gunakan. Indikasi kedua adalah sering terjadi program yang ngadat atau crash (has stop working). Kejadian ini terjadi secara acak dalam arti terkadang suatu program lancar dijalankan namun kadang juga bisa error. Hal ini juga bisa terjadi pada beberapa program lainnya yang kita gunakan.

Selain dua gejala di atas hal yang memantapkan bahwa perangkat komputer kita sedang bermasalah adalah sering terjadinya BSoD dimana perangkat kita akan menampilkan layar biru dengan tulisan error yang mungkin terjadi. Untuk gejala yang akan mengarah pada masalah instal program maka yang akan kita dapatkan adalah pesan error biru yang berupa "Dump Physical Memory". Jika hal-hal di atas semakin sering terjadi maka biasanya solusi akhir adalah dengan melakukan perbaikan pada sistem atau bahkan melakukan instalasi windows.

Memang, melakukan install ulang windows dapat menyelesaikan berbagai masalah program yang terjadi namun tidak dengan masalah yang sedang kita hadapi ini. Jika setelah melakukan fresh copy dan kita mengalami masalah ini maka kita harus mengetahui berbagai penjelasan berikut. Baca juga: menggunakan unkown device indentifier

Penyebab Komputer Tidak Bisa Install Program

Memang, kita sedang membahas mengenai Gejala Kerusakan dan Masalah Install Program maka dari itu kita akan bahas semuanya secara detail. Pertama mari kita cari tahu berbagai penyebab adanya masalah yang kita alami ini. Jika kita mengalami masalah ini maka ada beberapa kemungkinan penyebab masalahnya. Beberapa hal berikut bisa menjadi penyebab komputer tidak bisa di instal program:

1. File instalasi bermasalah (rusak)
2. Sistem windows tidak berjalan normal
3. Kerusakan hardware

Hal yang menjadi penyebab pertama adalah file master instalasi yang sedang kita gunakan. Sebagai contoh kita hendak install program ms office namun selalu gagal, maka kemungkinan pertama adalah terjadi kerusakan pada file yang akan kita gunakan tersebut. Kerusakan yang terjadi bisa karena file instalasi tidak lengkap, rusak dan lain sebagainya. Jika file install tersebut corupt atau missing maka tentu saja proses penginstalan tidak akan bisa berjalan dengan semestinya.

Kasus seperti ini sangat sering terjadi dengan berbagai alasan misalnya saja cd program telah lama digunakan dan terjadi banyak goresan sehingga tidak dapat dibaca dengan sempurna. Atau bisa juga karena sudah rusak sama sekali sehingga hanya sebagian file yang bisa digunakan.

Selain masalah file instalasi, masalah lain yang menyebabkan suatu program tidak bisa di install yaitu karena sistem atau windows tidak bekerja dengan baik. Ada komponen tertentu yang hilang, tidak bekerja dan lain sebagainya. Dalam kasus Tidak Bisa Install Program di Komputer maka bisa jadi salah satu file sistem windows ada yang hilang atau rusak.

Kemungkinan lain, yang dapat menyebabkan kesulitan dalam melakukan instalasi program (software) adalah adanya kerusakan perangkat keras (hardware). Kerusakan hardware yang berkaitan contohnya hardware cd yang tidak dapat melakukan pembacaan cd dengan sempurna. Memang, jika yang rusak hanya CD ROOM saja maka sistem tetap bisa berjalan tetapi kita tidak dapat melakukan pembacaan cd untuk proses instalasi. Untuk masalah-masalah tersebut tentu saja kita harus melakukan pemeriksaan secara urut dan menyeluruh agar dapat menentukan langkah pemecahan masalah atau solusi yang bisa dilakukan. 

Cara Mengatasi Program Tidak Bisa Install  di Komputer

Dalam kasus yang sedang kita selesaikan ini, dalam sistem windows yang sedang berjalan kita mengalami masalah tidak bisa menginstall program. Program atau software yang tidak bisa diinstal tersebut tidak semua tetapi kebanyakan selalu gagal jika kita install. Salah satunya yaitu ms office 2003, office 2007, office 2010, google crome, mozilla dan beberapa software lain.

Pada sebagian program, saat instalasi terjadi selalu saja ada peringatan bahwa salah satu bagian file instalasi yang dibutuhkan dalam keadaan rusak, tidak dapat digunakan atau hilang. Sebagai contoh, dalam kasus ini kita mengalami berbagai pesan error saat install ms office yaitu antara lain sebagai berikut:

  1. Cannot Find Proofing.en-us
  2. windows office 2007 installer cannot find enterprise.ww cab file
  3. Setup cannot find Enterprise.WW\EnterWW.cab
  4. Setup cannot find Office.en-us\OfficeLR.cab.  Browse to a valid installation source, and then click OK
  5. Setup cannot find Word.en-us\WordLR.cab


Beberapa pesan error di atas kita dapatkan saat melakukan instal office. Untuk program lain juga sering terjadi hal yang sama dimana selalu saja ada pesan error saat akan melakukan pemasangan program baru di komputer atau laptop yang kita gunakan. 

Untuk menyelesaikan masalah ini secara standar kita dapat melakukan langkah-langkah pemeriksaan yang menyeluruh dari awal sampai akhir mulai dari software, windows sampai pada hardware. Langkah mengatasi masalah tersebut yaitu secara umum sebagai berikut:

1. Periksa master program instalasi
2. Cek sistem windows yang dipakai
3. Periksa kerusakan hardware

Lakukan langkah di atas untuk mendapatkan kepastian apa yang menjadi pemicu adanya masalah ini. Pertama, kita periksa terlebih dahulu file master program yang sedang kita gunakan tersebut. Caranya bisa dengan mencoba menggunakan file program tersebut untuk di instal di komputer lain atau bisa dengan membandingkan ukuran file yang ada dengan master program lainnya.

Jika tidak ada masalah dengan file software tersebut dan kita sudah pastikan hal itu maka kita ke langkah kedua yaitu kita cek sistem windows yang ada. Kita bisa cek apakah windows kita rusak atau tidak dengan cara melakukan scan sistem. Cara scan sistem dan repair adalah ke menu RUN ==> CMD. Setelah berada di jendela comand promt kita ketik sfc /scannow. Sistem akan mengecek windows kita dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Setelah itu coba instal lagi program yang tadi akan di instal, jika terdapat kerusakan pada sistem windows dan sudah diperbaiki maka seharusnya kita sudah dapat melakukan install program pada komputer kita tersebut.

Selanjutnya, jika masalah masih ada maka langkah terakhir adalah dengan memeriksa hardware pada komputer kita yang berkaitan. Pertama cek cd room yang kita gunakan, coba ganti dengan menggunakan cd room yang pasti bagus. Jika masalah masih ada maka terakhir cek memori RAM komputer kita. Untuk cek RAM cara mudahnya adalah dengan mengganti sementara RAM komputer tersebut dengan RAM lain yang sudah pasti berfungsi.

Dalam kasus Tidak Bisa Install Program di Komputer yang saya alami, awalnya komputer berjalan dengan normal kemudian beberapa kali blank biru saat membuka mozilla dan google crome. Saya putuskan untuk melakukan install windows. Dalam proses instal windows ternyata juga terjadi berbagai masalah sampai akhirnya bisa terintal.

Selesai instal windows ketika hendak menginstal office ternyata mengalami banyak error dan ms office tidak dapat di install sama sekali. Segala macam cara di atas sudah dilakukan dan hasilnya nihil kecuali dengan langkah terakhir. Masalah yang mengakibatkan komputer kita tidak bisa di install program apapun adalah karena RAM yang error. Jadi solusi yang berhasil mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti RAM dengan yang baru.

Itulah sedikit yang bisa dibagikan kali ini. Semoga dengan adanya pembahasan ini kita semua yang mengalami masalah saat install program di komputer baik itu install office 2010, 2007, 2003, atau instal program lain bisa terbantu dan masalahnya bisa selesai. Jangan lupa baca juga panduan lain di bagian akhir tulisan ini. Trims.

About Cara Instal Program

Hi..! Cara Install Program adalah situs tentang berbagai panduan cara instal untuk software atau program komputer. Situs ini memberikan informasi tentang panduan install, review, tutorial dan berbagai panduan program komputer lainnya, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post